Mengukur Keberhasilan Evaluasi Latihan dengan Survei Terverifikasi

min read

Tantangan

Staf Latihan TNI AD membutuhkan survei untuk mengukur kinerja satuan atau mengambil keputusan. Saat ini jika survei telah dilaksanakan, proses untuk merekapitulasi dan menghasilkan laporan survei membutuhkan waktu lama.

Berdasarkan keluhan tersebut, Ciheul Technologies membangun aplikasi survei yang dapat menampung banyak responden, terjaga dan memudahkan para pemimpin divisi dalam melaporkan hasil survey kepada pimpinan.

Solusi

Ciheul Technologies mengembangkan aplikasi survei yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Staf Latihan TNI AD. Dari aplikasi ini, user dapat menggunakan beberapa fitur unggulan, di antaranya:

Memiliki tampilan visual warna dan mini grafik. Ini dapat membantu surveyor (seseorang yg melakukan survei) dalam merekap dan meninjau hasil survei yang telah dilakukan. Ini menjadi pain point yang selama ini dialami oleh klien.

Selain itu, surveyor juga dapat menentukan minimal partisipan dan periode pengisian survei. Fitur ini dapat memudahkan surveyor dalam mengambil suara responden. Jika periode sudah habis, maka secara otomatis survey akan ditutup. 

Karena bertujuan untuk menilai kinerja dan evaluasi satuan, surveyor juga dapat melihat data peserta secara lengkap. Jadi, surveyor bisa dengan mudah meninjau siapa saja responden yang sudah mengisi dan belum mengisi. Bagi Staf Latihan TNI AD yang memiliki banyak karyawan, tentu fitur ini dapat membantu para surveyor dalam checking responden.

Berbeda dengan platform survei daring lainnya yang memiliki ragam skala pengukuran survei, aplikasi yang dibangun ini dikhususkan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan klien. Survei ini hanya berbentuk skala likert yang dapat mempresentasikan kepuasan dalam angka secara jelas. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tampilan visual yang dapat disesuaikan berdasarkan jawaban, data peserta dan rekap peserta. Tentu ini dapat membantu para surveyor dalam merekap, membaca dan melaporkan hasil survei.

Transformasi

Sebelumnya, Staf Latihan TNI AD melakukan survei dengan membagikan kertas saat forum atau rapat digelar. Tentu ini sangat merepotkan, menghabiskan tenaga dan boros penggunaan kertas. Terkadang, Staf Latihan TNI AD juga menggunakan platform survei gratis yang tersedia di internet, tapi tetap membutuhkan waktu untuk melakukan rekapitulasi data.

Setelah dibangunnya aplikasi ini, para surveyor dapat lebih mudah mengorganisir pertanyaan, jawaban, hingga identitas responden. Selain itu, jawaban responden juga dapat tertampung dengan baik tanpa kebocoran data. Karena aplikasi ini dikelola oleh internal dan memerlukan izin masuk khusus. 

Tertarik berdiskusi lebih lanjut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat