Meningkatkan Kualitas Manajemen Bahan Bakar di Lingkungan Pertamina dengan ‘Business Mobile Apps’

min read

Tantangan

Menjadi Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) terbanyak di Indonesia, mewajibkan Pertamina memiliki sistem pengelolaan pasokan bahan bakar yang tertata dan terdata. Dibangunlah aplikasi ‘Pertamina MS2’. Tujuan utamanya agar menjadi sistem informasi dan komunikasi operator SPBU Pertamina di seluruh Indonesia dalam pengelolaan pasokan bahan bakar.Namun, seiring bertambahnya kebutuhan dan tantangan, Pertamina bersama Ciheul Technologies mulai meningkatkan fitur dalam ‘Pertamina Business Mobile Apps’ secara bertahap. Kolaborasi pun terus berlanjut sejak tahun 2022.

Selama beberapa tahun kebelakang ini, berbagai fitur terus dikembangkan agar kegiatan pasokan bahan bakar ke seluruh Indonesia semakin aman, nyaman, mudah, dan tetap terpantau. Lalu, bagaimana aplikasi ‘Pertamina Business Mobile Apps’ membantu kegiatan menyuplai bahan bakar di SPBU Pertamina? 

Solusi

Distribusi bahan bakar di Pertamina butuh proses hingga sampai ke tangan pelanggan dengan jernih dan terpercaya. Adapun beberapa fitur yang dikembangkan sebagai berikut:

Fuel Request
Setiap SPBU pasti akan meminta stok bahan bakar ke pusat. Lalu bagaimana caranya agar semua permintaan itu terlayani? Fitur Fuel Request dapat memudahkan operator SPBU dalam meminta pengiriman stok bahan bakar. Pusat akan memproses permintaan tersebut dan mendistribusikan ke setiap cabang. Kini, pesanan dari ribuan SPBU bukan lagi masalah.

Payment
Setelah selesai melakukan fuel request, ‘Pertamina Business Mobile Apps’ akan membawa pengguna pada sistem pembayaran. Kini, fitur ini semakin canggih karena dilengkapi dengan berbagai metode pembayaran.

Delivery Tracker
Agar semakin terpantau, hadirnya fitur delivery tracker dapat membantu pengguna dalam memonitor perjalanan bahan bakar dari pusat menuju cabang. Fitur ini juga dapat melacak supir tetap pada ‘track’ tujuan. 

Temuan Audit
Proses audit dapat membantu perusahaan dalam menjaga transparansi distribusi bahan bakar. Fitur ini hadir untuk mendukung proses tersebut. Jika dalam audit ditemukan hasil atau laporan yang mencurigakan, pusat akan mengirimkan form yang wajib diisi oleh SPBU. Lengkap dengan jenis audit hingga dokumen penunjang.

Dalam penerapannya, fitur ini juga dapat mencegah adanya penggelapan bahan bakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Profiling Tangki Timbun
Fungsi tangki timbun adalah untuk menyimpan bahan bakar seperti minyak dan bahan chemical lainnya. Tentu hal ini tidak luput dari perhatian Pertamina. Dalam aplikasi ‘Pertamina Business Mobile Apps’ pun dihadirkan fitur Informasi tanki yang dapat merekap Nama Produk, ID Produk, Kapasitas, Status Pemakaian hingga Jenis Tangki. 

Transformasi

Selama dua tahun terakhir (dan seterusnya), Ciheul Technologies bersama Pertamina akan terus meningkatkan fitur dari ‘Pertamina Business Mobile Apps’. Demi meningkatkan kualitas transaksi dan menyuplai bahan bakar di lingkungan Pertamina. 

Tertarik berdiskusi lebih lanjut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat