Pendataan dan Pemantauan Insiden Kecelakaan Kerja dengan Website Apps dan Mobile Apps PDSL

min read

Tantangan

Bekerja di perusahaan minyak dan gas, tentu memiliki persentase kecelakaan kerja yang sangat tinggi.  Seperti luka-luka, kerusakan properti hingga menyebabkan meninggal dunia.

Maka dari itu, sebagai perusahaan minyak dan gas yang bertanggung jawab pada lingkungan, karyawan dan sekitar, Pertamina membangun aplikasi ‘Penanggulangan Dampak Sosial dan Lingkungan’ yang selanjutnya dikembangkan oleh Ciheul Technologies mengikuti kebutuhan dan perkembangannya.

Solusi

Aplikasi Penanggulangan Dampak Sosial dan Lingkungan atau disebut juga PDSL hadir sebagai sarana untuk pendataan dan monitoring dari setiap insiden yang ditindaklanjuti dengan Penanggulangan Dampak Sosial & Lingkungan. Khususnya di wilayah Pertamina MOR III. Demi memudahkan para pengguna, aplikasi ini terbagi menjadi dua jenis. Versi desktop atau website apps untuk Admin dan User sedangkan versi mobile apps digunakan oleh Verifikator Lapangan.

Adapun beberapa fitur yang Ciheul Technologies kerjakan sebagai berikut:

Pendataan Insiden

Fitur ini adalah tahap pertama dalam input data di sistem. Di sini, admin dapat merekap insiden apa yang sedang terjadi dan perlu diproses untuk pencairan asuransinya. Fitur ini dapat membantu admin dan user dalam merekap dan mengumpulkan data kecelakaan kerja.

Di sini, admin juga dapat melengkapi detail insiden seperti tanggal kejadian, lokasi, regional, area, penyebab insiden hingga jumlah korban meninggal dunia atau korban luka.

Pendataan korban meninggal dunia dan korban luka

Fitur pendataan korban meninggal dan luka juga dapat membantu admin dalam rekapitulasi total korban. Di sini, admin dapat menginput identitas korban seperti nama, tempat tanggal lahir, usia, alamat, dan NIK. Fitur ini bertujuan untuk merekap dan mendata nilai santunan, ahli waris hingga nomor rekening untuk mengirim nilai santunan.

Di fitur ini juga dapat mengunggah dokumen pendukung seperti KTP, KK, Surat Kematian, Surat Keterangan Ahli Waris, KTP Ahli Waris, Rekening Bank Ahli Waris hingga Berita Acara.

Untuk memvalidasi dan legalisasi dokumen, ada approval berjenjang dari mulai Verifikasi, Disetujui, hingga terbitnya Berita Acara. Persetujuan ini melibatkan Tim Hukum, Medis, Humas, hingga Keuangan. Setelah semua data tersimpan, user dapat melihat tabel identitas korban dari nama, alamat, dan detail lainnya.

Pendataan kerugian properti

Selain menyebabkan korban luka dan meninggal, beberapa insiden juga berdampak pada kerugian properti seperti gedung, tanah, dan ruang publik lainnya. Fitur ini tentu dapat membantu Tim Surveyor (Petugas Survei Tanah) dalam mendata kerusakan dan membantu proses pencairan asuransi pada pemilik properti. Fitur pendataan kerugian properti memiliki alur yang hampir sama dengan pendataan korban luka dan meninggal dunia. Yakni, approval berjenjang dari mulai Verifikasi, Disetujui, hingga terbitnya Berita Acara. Persetujuan ini melibatkan Tim Surveyor, Aset, hingga Pihak Asuransi.

Tantangan

Setelah hadirnya aplikasi ini, diharapkan manajemen insiden dan pencairan asuransi menjadi lebih tertata, terdata dan terverifikasi sesuai dengan format hukum dan keuangan di lingkungan Pertamina. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Pertamina dalam rekapitulasi jumlah insiden dan korban dalam jangka waktu tertentu, sehingga kedepannya dapat dijadikan evaluasi dalam menerapkan keselamatan kerja.

Tertarik berdiskusi lebih lanjut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *